Apa itu E-commerce ? Berikut Penjelasannya

Apa itu E-commerce ? Berikut Penjelasannya

Selamat malam para pembaca, kali ini saya akan menjelaskan mengenai E-Commerce, tentunya kita sebagai generasi mileneal sudah tidak asing lagi dengan kata E-commerce namun masih banyak yang belum mengetahui apa sih arti atau maksud dari E-commerce ? nah maka dari itu saya akan menjelaskan beberapa point dibawah postingan ini, berikut ulasannya :



1. Pengertian E-commerce
   
Harusnya yang jago bahasa inggris sudah tahu apa itu arti, pengertian, maksud, definisi atau apalah itu namanya dari E-commerce, yap kalau diterjemahkan dalam bahasa indonesia E-commerce ( Perdagangan Elektronik ), sederhananya hubungan atau transaksi jual beli dari penjual dan konsumen baik itu berupa jasa atau barang melalui media elektronik atau internet.


2. Media Pendukung Berjalannya E-commerce

Seperti yang sudah saya jelaskan pada point pertama untuk mendukung berjalannya transaksi E-commerce maka dibutuhkan beberapa faktor pendukung lainya seperti berikut :

- Pedagang dan pembeli
- Perantara atau penyedia jasa online ( contoh : online shop )
- Internet 
- Komputer atau smartphone


3. Jenis - jenis E-commerce

- C2C ( Consumer To Consumer )
- C2B ( Consumer To Business )
- B2B ( Business To Business )
- B2C ( Business To Consumer )


4. Security ( Keamanan )

Sudah kewajiban setiap transaksi perdagangan ada peraturan dan perlindungan konsumen supaya tidak terjadi pelanggaran ketika bertransaksi di E-commerce, sebagai contoh disediakan akun pelanggan dengan jaminan data pelanggan hanya bisa diakses oleh pemiliknya sendiri dengan memberi password dan khususnya di Indonesia juga sudah menerapkan UUD ITE yang berfungsi untuk melindungi masyarakat ketika menggunakan internet termasuk juga ketika bertransaksi online seperti E-commerce.


5. Kelebihan E-commerce

Menurut saya pribadi kelebihan dari E-commerce cukup satu yaitu Efisien, sederhananya kalian tidak perlu menghabiskan waktu untuk pergi jauh atau mengantri barang yang ingin dibeli, cukup lewat gadget kalian masing - masing dengan mudah barang atau keperluan administrasi sudah bisa diselesaikan dengan mudah.


6. Kekurangan E-commerce

Nah seperti hidup ini tidak ada yang sempurna begitu juga dengan E-commerce doi juga memiliki kekurangan, aelah doi dikira apaan coba ? okeh skip - skip hehe. 
Ada beberapa kekurangan dari E-commerce seperti contoh ketika kalian membeli barang di online shop maka tidak bisa melihat barang yang ingin dibeli secara real melainkan hanya gambar sampelnya saja jadi terkadang ada beberapa yang tidak sesuai ketika barang sampai di tempat tujuan maka dari itu balik lagi ke point nomor 4 yaitu tentang perlindungan konsumen atau UUD ITE untuk mencegah terjadinya hal - hal yang dapat merugikan salahsatu pihak baik dari penyedia jasa atau pedagang dan pembeli.






Saya kira cukup itu saja, kurang lebihnya mohon dimaafkan dan semoga bermanfaat bagi kalian semua. Tetap semangat dalam belajar brader - brader, seperti biasa saya ingin menyisipkan quote penmbakar semangat.

Everyone is critical of the flaws of others, but blind to their own.

-Pepatah dari Arab


Terima kasih.

0 Response to "Apa itu E-commerce ? Berikut Penjelasannya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel