3 Destinasi Pendakian Gunung Di Jawa Tengah ( Part II )



1. Gunung Sindoro
Top Gunung Sindoro

Terletak di Kabupaten Temanggung dan Wonosobo Jawa Tengah, gunung Sindoro termasuk kedalam pegunungan aktif di Indonesia meskipun sudah lama tidak erupsi, sama halnya dengan pegunungan lainnya Sindoro juga dibuka pendakian untuk umum dengan ketinggian 3153 mdpl yang menjadikannya sebagai salahsatu gunung tertinggi di Jawa Tengah atau masuk dalam Lima besar setelah Gunung Slamet, Gunung Sumbing, Gunung Lawu dan Gunung Merbabu. Kalian juga akan mendapati padang bunga edelweis ketika hampir sampai puncaknya.

Bagi kalian yang ingin mendaki ke Gunung Sindoro terdapat dua pilihan Jalur Pendakian yang populer sebagai berikut :

- Jalur Kledung
Terdapat di kabupaten Temanggung jalur ini memiliki Empat Pos pemberhentian yakni Pos I dengan ketinggian 1600 mdpl, Pos II 2120 mdpl, Pos III 2530 mdpl, Untuk perjalanan dari basecamp menuju Pos I kalian akan disugunhi pemandangan perkebunan warga, baru setelah itu dari Pos I menuju Pos II mulai memasuki kawasan hutan.

- Jalur Sigedang
jalur ini dimulai dari Wonosobo tepatnya di Desa Sigedang begitu juga untuk proses regristasi pendakian yang berada di balai desanya. Jalur Sigedang memiliki Tiga pos pemberhentian.

Warga sekitar kaki gunung Sindoro masih memegang erat budaya dan adat tertentu jadi bagi kalian yang mendaki selalu jaga tata krama dan pastinya berdoa untuk meminimalisir hal - hal yg tidak diinginkan.


2. Gunung Lawu
Top Gunung Lawu

Tepat berada di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur gunung Lawu diapit Tiga kabupaten sekaligus yaitu Kabupaten Karanganyar, Magetan dan Ngawi, dengan ketinggian 3265 mdpl gunung Lawu memiliki Tiga puncak sekaligus yakni puncak Hargo Dalem, Hargo Dumiling dan Hargo Dumilah diantara tiga puncak tersebut Hargo Dumilah lah yang paling tinggi. Gunung Lawu saat ini berstatus "gunung api istirahat" atau sudah lama tidak aktif, seperti halnya di gunung Prau Wonosobo disekitaran kaki gunug Lawu juga terdapat berbagai wisata alam dan sejarah khususnya yang berkaitan dengan kerajaan Majapahit seperti candi dan sebagainya.

Terdapat Dua jalur pendakian untuk Gunung Lawu sebagai berikut :

- Jalur Cemoro Sewu
Titik awal jalur cemoro sewu berada di antara jalan penghubung antara kabupaten Magetan dan Karanganyar termasuk jalur favorit para pendaki karena memiliki pemandangan yang sangat luar biasa serta adanya beberapa warung di jalur menuju pos pendakian, mempunyai Lima Pos pemberhentian dan memiliki nama tersendiri Pos I ( wes - wesan ), Pos II ( watu gedeg ), Pos III ( watu gede ), Pos IV ( watu kapur ) dan Pos V ( jolotundo ).



- Jalur Cemoro Kandang
Hanya berjarak hitungan meter dari basecamp cemoro sewu jalur cemoro kandang juga memiliki pemandangan yang tidak kalah menkjubkan, memiliki Lima pos pemberhentian yang juga memiliki nama tersendiri Pos I ( tamansari bawah ), Pos II ( tamansari atas ), Pos III ( pengik ), Pos IV ( cokro suryo ), dan yang terakhir Pos V ( persimpangan ).

Masyarakat sekitaran gunung Lawu masih memegang erat adat budaya mereka yang kemungkinan temurun dari kerajaan Majapahit seperti contohnya setiap malam 1 syuro banyak warga yang naik ke puncak untuk berziarah. Maka dari itu selalu jaga tata krama dan berdoa sebelum dan ketika mendaki. Oiya ketika sampai di puncak kalian dapat menjumpai penjual Makanan, mantap.


3. Gunung Andong
Top Gunung Andong

Nah yang ketiga adalah Gunung Andong, Terletak di Kabupaten Magelang Jawa Tengah yang berpatasan dengan wilayah Salatiga dan Semarang, gunung Andong termasuk gunung kecil yang tidak pernah aktif  atau erupsi bahkan untuk mencapai puncaknya hanya perlu memakan waktu sebentar dan tidak harus mendirikan tenda karena cukup waktu sehari naik dan turun maka tidak salah kalau gunung Andong banyak pengunujungnya karena jalurnya yang relatif mudah ditambah memiliki spot untuk foto yang bagus, untuk jalur pendakian bisa dimulai dari desa Girirejo Kecamatan Ngablak Magelang Jawa Tengah.


Refrensi dan Photo :
- @safitrimpitt
- @ahmadsyarief
- @muhammad_fatkhu13
- infopendaki.com
- wikipedia.org

0 Response to "3 Destinasi Pendakian Gunung Di Jawa Tengah ( Part II )"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel