3 Destinasi Pendakian Gunung Di Jawa Tengah ( Part I )

Kali ini saya akan membahas tentang destinasi gunung di Provinsi Jawa Tengah, tidak dipungkiri negara Indonesia ini begitu banyak memiliki pegunungan aktif dan memiliki pemandangan yang sangat indah di setiap pulaunya yang sayang jika tidak dijaga dan dilestarikan, saya akan memposting jadi beberapa bagian dan ini yang part peratama, langsung saja berikut listnya :


1. Gunung Merbabu 
Top Kenteng Songo

Secara geografis gunung Merbabu terletak atau diapit 3 kabupaten sekaligus yaitu Kabupaten Magelang, Kabupaten Boyolali dan Kabupaten Semarang dengan puncak ketinggian 3143 mdpl ( di atas permukaan laut ) dan untuk saat ini statusnya masih tergolong Gunung yang aktif oiya gunung Merbabu termasuk kawasan Taman Nasional yang dilindungi oleh negara. Menurut etimologi, "merbabu" berasal dari gabungan kata "meru" (gunung) dan "abu" (abu).

Bagi kalian yang ingin mendaki ke gunung Merbabu ada beberapa jalur pendakian yang bisa dipilih tapi saya hanya akan jelaskan dua saja secara singkat heuheu, diantaranya :

- Jalur Wekas
Jalur ini dimulai dari Desa Wekas Kabupaten Magelang, Pendaki tergolong banyak yang memilih jalur ini karena tersedianya sumber air di Pos II, oiya jalur Wekas hanya memiliki 2 pos pemberhentian dan yang terakhir atau ketiga adalah Puncak Kenteng Songo tapi yang biasa digunakan untuk mendirikan tenda atau ngecamp terdapat di Pos II yang berada di ketinggian 2050 mdpl sedangkan untuk Pos I berada di ketinggian 1870 mdpl.

- Jalur Selo
Jalur Selo terdapat di Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali, terdapat 3 pos pemberhentian dalam jalur ini dan terdapat 2 padang sabana yang biasa digunakan para pendaki untuk istirahat sekaligus mendirikan tenda, sekedar saran jika ingin melihat sunrise di puncak Kenteng Songo lebih baik mendirikan tenda di sabana II karena jaraknya yang paling dekat dengan puncak.


2. Gunung Prau
Top Gunung Prau

Terletak di dataran tinggi Dieng, Wonosobo Jawa Tengah gunung Prau termasuk destinasi favorit bagi para pendaki pemula, khusunya yang ingin muncak bareng keluarga dikarenakan kondisi gunung yang tidak terlalu tinggi, memiliki view yang sangat bagus dan aksesnya yang lumayan mudah, gunung Prau memiliki ketinggian 2565 mdpl. Ketika sampai puncak gunung Prau kalian dapat melihat pemandangan gunung lain di jawa tengah diantaranya Mt. Slamet, Mt. Merapi, Mt. Merbabu, Mt. Sumbing, Mt. Sindoro dan Mt. Lawu dengan catatan kalau lagi beruntung tidak tertutup kabut hehe, makanya sebaiknya sebelum muncak berdoa dan pamitan sama mantan eh maksud saya orang tua dulu supaya tidak terhalang kabut ketika sampai diatas heuheu.



Jalur pendakian gunung Prau paling populer yaitu via Patak Banteng, terdapat 3 pos pemberhentian dan yang biasa digunakan untuk mendirikan tenda berada di puncaknya inilah salahsatu kelebihan di gunung Prau karena jalurnya yang tergolong tidak terlalu ekstrim, kalian bisa menunggu sunrise sambil istirahat dan mendirikan tenda langsung di puncaknya. oiya jalur patek banteng ini terletak di desa Patek Banteng begitu juga untuk pendaftaran pendakian berada langsung di kantor balai desanya.


3. Gunung Merapi
Pasar Bubrah

Termasuk dalam daftar gunung yang paling aktif dan berbahaya di Indonesia, gunung Merapi diapit beberapa daerah di Jawa Tengah yaitu Sleman, Magelang, Boyolali dan Daerah Istimewa Yogyakarta, dengan ketinggian 2930 mdpl, gunung Merapi pada awalnya sudah memiliki bebrapa jalur pendakian namun semenjak terjadinya erupsi pada tahun 2010 kini hanya menyisakan satu jalur pendakian yaitu Jalur Selo yang terletak di desa Selo Kabupaten Boyolali memiliki 2 pos pemberhentian yang pertama yakni pos I ( selokopo ngisor ) yang berada di ketinggian 2000 mdpl dan pos II ( selokopo nduwur ) dengan ketinggian 2400 mdpl. 

Kalian pernah dengar kata Pasar Bubrah ? nah pasar bubrah ini adalah kawasan yang terkenal di gunung Merapi karena entah mitos atau fakta yang infonya sangat angker, dinamakan pasar bubrah atau pasar setan karena konon di pasar ini tempat jual beli para makhluk halus kalau kalian penasaran dan suka dengan kisah mistis bisa buktikan sendiri ya dengan mendaki gunung Merapi hehe tapi karena termasuk kedalam gunung yang paling aktif maka kalian harus selalu update informasi sebelum muncak kesana, info terbaru terjadi letupan yaitu pada bulan Juni 2018.



Refrensi dan Photo :
- @johanpratama
- @desi.aryaa
- @latif_msjd
- wikipedia.org


0 Response to "3 Destinasi Pendakian Gunung Di Jawa Tengah ( Part I )"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel