MySQL - Struktur File dan Folder MySQL

Secara default, MySQL akan diinstal ke dalam folder utama sebagai berikut :

  • Folder instalasi: C:\Program Files\MySQL\MySQLServer5.7
  • Folder Data: C:\ProgramData\MySQL\MySQLServer5.7 


Folder2 dimana MySQLditempatkan
Folder instalasi memiliki beberapa subfolder yg perlu dikenali untuk menambah refrensi. Berikut penjelasannya:

Folder Bin
Folder bin adalah folder utama yg diisi file2 aplikasi MySQL dalam bentuk file executable (.exe). Berikut file2 penting untuk dikenali:
  • Mysqld: untuk menjalankan MySQL Server
  • Mysql: untuk menjalankan MySQL CLient
  • Mysqldump: untuk meng-export file database
  • Mysqladmin: untuk mengkonfigurasi MySQL
Dalam latihan2 menggunakan MySQL, kita akan sangat sering berpindah ke dalam folder ini.
Isi folder bin
Folder Doc
Folder Doc digunakan untuk menyimpan file2 dokumentasi yg disertakan pada saat instalasi. jika file dokumentasi tidak disertakan, maka kalian hanya akan menjumpai dua file, yatu ChangeLog dan INFO_SRC.


Folder Include
Folder Include berisi file2 library pendukung dan seting berbagai fungsi MySQL. File2 yg ada di sini umumnya juga dikenal dg istilah header file. Jika kalian megenal bahasa pemograman C dan C++ maka kalian dapat melakukan berbagai modifikasi terhadap file2 didalam folder include ini.




Folder lib
Folder lib diisi dg file2 library MySQL juga. Namun, di dalam folder ini terdapat subfolder bernama plugin yg dapat dgunakan untuk menambahkan fungsi tambahan bagi kerja MySQL.


Folder Share
Folder ini berisi subfolder2 nama2 negara. Ada beberapa peraturan di dalam setiap subfolder bernama negara tersebut, yaitu terkait maslah character set dan zona waktu masing2 negara.


Folder Data
Jika kalian buka folder data C:\ProgramData\MySQL\MySQL Server 5.7, maka akan ditemukan subfolder Data. Folder ini berisi seluruh file database dan tabel yg akan atau telah kita buat menggunakan MySQL secara default, setiap database akan disimpan didalam sebuah folder yg spesifik dan saling terpisah. jika belum ada database yg dibuat, maka kalian hanya akan menemukan subfolder mysql dan performance_schema

Jika subfolder mysql dibuka, maka akan terdapat beberapa file default, yaitu coluns_priv, columns_priv.MYD, dan columns_priv.MYI. Nama dalam database "mysql". Nanti jika kalian membuat tabel baru, maka setidaknya akan dibuat tiga buah file pendukung yg berekstensi .frm, .MYD, dan .MYI.
File2 bawaan di dalam subfolder mysql
Mengenal File My.Ini
Di dalam folder data terdapat file penting bernama My.ini. File ini berisi settingan2 default untuk MySQL, seperti penggunaan port TCP/IP, path untuk meletakkan data2 tabel, besar memori yg dibutuhkan untuk MySQL, dan sebagainya.
File my.ini di dalam folder data
Selain berfungsi sebagai informasi konfigurasi MySQL, File my.ini juga penting digunakan untuk menjalankan MySQL Server secara manual.
MySQL - Struktur File dan Folder MySQL
Isi dari file my.ini yg dibuka menggunakan Notepad











0 Response to "MySQL - Struktur File dan Folder MySQL"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel